SIE

1. Pengertian Sistem Informasi Eksekutif (SIE) adalah Sistem yang dibuat hanya untuk digunakan para Eksekutif atau Top Level Management dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dimana dalam sistem ini hanya menampilkan grafik dan laporan dari seluruh proses bisnis pada organisasi atau perusahaan tersebut.

2. Henry Fayol menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga , yaitu:
1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.
2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.
3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
3.Kelebihan Dan Kekurangan Pada Sistem Informasi Eksekutif (SIE)
Semua sistem memliki kekurangan dan kelebihan. Akan tetapi, itu semua tergantung dari penggunaan dan pengguna. SIE pun juga memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Pada postingan kali ini, saya membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Sistem Informasi Eksekutif (SIE). Dimana penjelasan Sistem Informasi Eksekutif sendiri saya jelaskan pada postingan lain.
Berikut Kelebihan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) tersebut:
• Mempermudah para eksekutif untuk menggunakan pengalamannya dalam dunia komputer.
• Menyediakan pengiriman tepat waktu dari keterangan rangkuman perusahaan.
• Keterangan yang disediakan semakin mudah dimengerti.
• Biasanya menawarkan efisiensi untuk membuat keputusan.
• Melakukan penyaringan data untuk manajemen.
• Meningkatkan pemeriksaan keterangan.
• Dapat Mengakses dan memadukan jangkauan data internal dan eksternal yang bersifat luas.

Sedangkan Kekurangan Sistem Informasi Eksekutif (SIE), yaitu:
• Memiliki fungsi yang terbatas, tidak dapat melakukan perhitungan kompleks.
• Pada perusahaan kecil mungkin membutuhkan biaya lebih untuk membuat implementasi.
• Karena sistemnya besar, sehingga sulit untuk mengaturnya.
• Pembuatannya harus dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi eksekutif senior.
• Eksekutif mungkin menghadapi beban terlalu berat untuk membuat keterangannya.

Berikan Contoh Beserta Alasan Penggunaan SIE Pada Suatu Perusahaan

Sistem Informasi Eksekutif (SIE), pada PT. Angin Kencana Sentosa (AKS).
Dalam beberapa tahun terakhir ini teknologi komputer telah berkembang sangat pesat. Sehingga setiap perusahaan berlomba-lomba memanfaatkannya untuk menyajikan informasi yang akurat, cepat, dan efisien. Sehingga pihak eksekutif dapat dengan mudah melakukan pengambilan keputusan guna perencanaan organisasi perusahaannya untuk memenangkan persaingan bisnis.

PT Angin Kencana Sentosa Logistics merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi yang memberi pelayanan dan pengiriman barang. PT. Angin Kencana Sentosa (AKS) Logistics, bukan sekedar perusahaan ekspedisi melainkan sebagai perusahaan Logistics, yang mengelola penyimpanan dan pengiriman barang atau paket. Tetapi dalam praktek sehari-hari perusahaan AKS Logistics dalam pengelolaan tersebut masih menggunakan cara manual dalam mengelola pengiriman dan penyimpanan paket atau barang. Oleh karena itu seringkali terlambat, menghasilkan data dan informasi yang tidak lengkap dan tidak tepat.

Konsep SIE

Saat ini system yang digunakan pada PT. Angin KencanaSentosa masih cukup sederhana sekali dan menggunakan manual serta belum ditunjang dengan sistem , serta memerlukan waktu yang lama, maka dari itu diperlukan Sistem Eksekutif Informasi yang dapat membuat sebuah system yang baru agar bisa membuat cara kerja di perusahaan akan meningkatkan efesiensi dan efektifitas. Dengan Sistem Eksekutif Informasi dapat diterapkan pada PT Sentosa, dengan konsep ini maka bisa dibuat sebuah aplikasi yang dapat membantu dan mempercepat proses pengerjaan pada PT. Angin Kencana Sentosa.

Alasan SIE diperlukan
• Untuk saat ini SIE sangat diperlukan pada PT.Angin Kencana Sentosa, karena dengan system yang lebih modern maka kinerja pada PT.Angin Kenccana Sentosa akan lebih maju. karena saat ini PT.Angin Kencana Sentosa masih menggunakan pendapatan secara manual, belum secara modern.
• Permasalahan yang telah diuraikan diatas adalah membangun Sistem Informasi Eksekutif. Adapun permasalahan yang menjadi dasar :
• Informasi yang dihasilkan sering terlambat
• Informasi yang dihasilkan tidak sesuai dengan kenyataan
• Informasi yang dihasilkan tidak lengkap

Tujuannya sebagai berikut :
 Untuk menghasilkan informasi yang cepat
 Untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan kenyataan
 Untuk menghasilkan informasi yang lengkap

Manfaatnya sebagai berikut :
 Informasi menjadi sesuai
 Informasi menjadi lengkap

4.langkah apah yang dapat dilakukan eksekutifuntuk meningkatkan sistem informasi mereka.
1) Menyimpan inventarisasi dari transakasi informasi yang masuk, yaitu memelihara record data dan menyimpan ke database, dan dapat dibuat laporan
2) Merangsang terjadinya sumber yang bernilai tinggi. Dengan adanya sumber yang bernilai tinggi maka eksekutif mengkomunikasikan sumber tersebut ke setiap anggota dengan melakukan konferensi.
3) Mengambil manfaat dari peluang yang ada, ketika informasi datang, eksekutif harus dapat memperolehnya.
4) Menyesuaikan sistem dengan kebutuhan perorangan, eksekutif menggunakan gaya atau cara pengumpulan informasi yang berbeda.
5) Memanfaatkan teknologi, memanfaatkan staf pelayan informasi untuk mengembangkan sistem dalam perusahaan itu sendiri.
5.Mengapa Sistem Informasi Eksekutif secara Trickle Down melalui organisasi
trickle down adalah Sebuah teori ekonomi bahwa dukungan bisnis yang memungkinkan mereka untuk berkembang pada akhirnya akan menguntungkan menengah dan masyarakat berpendapatan rendah, dalam bentuk kegiatan ekonomi meningkat dan pengangguran berkurang. Dalam teori ini, kemakmuran akan dapat tercapai dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tanpa perlu memperhitungkan pemerataan ekonomi. Dalam pandangan teori ini, suatu suntikan ekspansi ekonomi akan berdampak pada multiplier effect terhadap pelaku ekonomi di bawahnya, sehingga akan berimbas pada kemakmuran. Karna untuk mengelola organisasi dengan baik yang di perlukan oleh organisasi manajemen.Hal ini dijelaskan oleh Eksekutif mengatur sebuah organisasi atau subunit trickle down tersebut.

6. Perlukan SIE menyertakan informasi yang dihasilkan komputer
Perlu: Sebab SiE sistem kerjanya membutuhkan komputer.
Produk jasa yang di hasilkannya adalah perusahaan industri di mana perusahaan tersebut bersaing degan perusahaan lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s