METODOLOGI PENELITIAN

Tulisan 3

 

BAB 3

RANCANGAN-RANCANGAN EKSPERIMENTAL

Penelitian eksperimental pada umumnya dianggap sebagai penelitian yang memberikan informasi paling mantap,namun banyak penelitian yang tidak benar-benar memenuhi syarat-syarat penelitian eksperimental itu.dalam bab ini disajikan sejumlah rancangan penelitian yang bersifat pra eksperimental-eksperimental sungguhan,dan eksperimental-semu.

RANCANGAN-RANCANGAN PRA-EKSPERIMENTAL

1.THE ONE-SHOT CASE STUDY

Dalam rancangan ini suatu kelompok subjek dikenakan perlakuan tertentu,lalu setelah itu dilakukan pengukuran terhadap variabel tergantung

KELEMAHAN

a.sama sekali tidak ada kontrol dan tidak ada internal validity

b.tidak ada dasar untuk melakukan komparasi,kecuali secara implisit,intuitif dan impresionistik

c.cara pendekatan ini biasanya mengandung “error of misplaced precision”.

d.usaha untuk menggunakan test-test terbaku sebagai ganti kelompok kontrol tak banyak menolong,karena variabel lain yang juga menjadi sumber perbedaan yang timbul cukup banyak.

KEUNTUNGAN

Metode ini mungkin berguna untuk menjajagi masalah-masalah yang dapat diteliti,atau untuk mengembangkan gagasan-gagasan atau alat-alat,misalnya dalam action research.rancangan ini tidak menghantar kita untuk sampai kepada kesimpulan yang dapat dipertahankan dalam penelitian.

 

 2.ONE GROUP PRETEST-POSTTEST DESIGN

Dalam rancangan ini digunakan satu kelompok subjek.pertama-tama dilakukan pengukuran.lalu dikenakan perlakuan untuk jangka waktu tertentu,kemudian dilakukan pengukuran untuk keduakalinya.

 

1.KELEMAHAN

a. tidak ada jaminan bahwa x adalah satu-satunya faktor utama yang menbimbulkan perbedaan antara T1 dan T2.

b.ada beberapa hipotesis tandingan yang mungkin diajukan : histori, maturation, testing effect, changing effect of instrumentation, statistical regression, selection biases and mortality.

2.KEUNTUNGAN

Pretest itu memberi landasan untuk membuat komparasi prestasi subjek yang sama sebelum dan sesudah dikenai X(experimental treatment).

3. THE STATIC GROUP COMPARISON :RANDOMIZED CONTROL GROUP ONLY DESIGN.

Dalam rancangan ini sekelompok subjek yang diambil dari populasi tertentu dikelompokan secara rambang menjadi dua kelompok,yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

DESIGN VALIDITY : dengan menempatkan masing-masing subjek secara ranbang kedalam salah satu dari kelompok itu,peneliti dapat menyakan bahwa kelompok itu pada awal penelitian adalah sama (setara)

Beberapa faktor penggangu dapat dikontrol walaupun tidak dapat diperhitungkan efeknya ,yaitu :

a.history

b. maturation

c. testing

d. instrumentation.

 

RANCANGAN-RANCANGAN EKSPERIMENTAL YANG SEBENARNYA (EKSPERIMENTAL SUNGGUHAN)

1.RANDOMIZED CONTROL-GROUP PRETEST-POSTTET DESIGN

Perluasan Rancangan ini

Rancangan ini dapat diperluas dengan melibatkan dari satu variabel bebas. Misalny penelitian tentang dua metode mengajar.pada kasus yang terakhir itu ,kesimpulan kesimp ulan mengenai efek entara metode a dan metode b dapat dicapai tanpa menggunakan kelompok kontrol.

2.RANDOMIZED SOLOMON FOUR-GROUP DESIGN

DESIGN VALIDITY

pretesting dan (2) efek interaksi antara pretesting dan X.selanjutnya ,efek kombinasi antara history dan manuration dapat diukur bila mean kelompok 4 padaT2 dibandingkan dengan mean-mean T1.

3. FACTORIAL DESIGN

Rancangan faktorial yang paling sederhana ialah yang menggunakan dua faktor dan masing-masing faktor menggunakan dua kategori. Rancangan yang demikian itu biasa digambarkan sebagai rancangan 2 x 2.. Misalnya eksperimen mengenai perbedaan pemahamn mengenai materi tertentu sebagai fungsi cara menyajikan materi itu  dan lamanya penyajian.

 

RANCANGAN –RANCANGAN EKSPERIMENTAL AL –SEMU

Banyak rancangan yang disusun menurut model rancangan eksperimental oleh banyek orang dianggap belum dapat dikatakan memiliki ciri-ciri rancangan yang sebenarnya,karena variabel-variabel yang seharusnya dikontrol atau dimanipulasi tak dapat dikontrol atau dapat dimanupulasi ,sehingga validitas penelitian menjadi tidak cukup memadai untuk disebut sebagai eksperimen yang sebenarnya.

RANCANGAN-RANCANGAN  YANG  KEDALAM KELOMPOK INI adalah:

1.the time series experiment.

2. the equivalent time samples design.

3.the equivalent materials design.

4.the non-equivalent control group design.

5.counter balanced design.

6.the separate-sample pretest-posttest design.

7.the separate sample pretest-posttest control group.

8.the multiple time-series design.

9.the reccurent institutional cycle design: A”patchup”design.

10.regression-discontinuity analysis.

11.correlation and ex post facto design.

PERANAN STASTIKA DAN KOMPUTER DALAM PENELITIAN

Peranan dalam stastika dalam penelitian adalah seperti yang di sajikan berikut ini:

1.Peranan stastika dalam penyusunan  model teoretis.

Dalam usaha memecahkan masalah penelitian,mula-mula orang belum mempunyai gambaran yang jelas dan detail yang mengenai ke adaan sesunggunya,berdasarkan kepustakaan,apa yang demikiannya adalah gambaran garis besar,gamabaran mengenai pokok-pokok saja,yang merupakan absrtraksi dari keadaan yang sesunggunya.

Kelibihan –kelebihan itu antara lain:

(a)   Dengan model matematis orang dapat merumuskan masalah dengan lebih singkat dan padat,sehingga struktur masalah  menjadi terungkapkan dan hubungan antara komponen – kompnen lebih jelas.

(b)   Dengan model matematis orang lebih mudah melakukan kuantifikasi

(c)    Dengan engguna model matematis akan lebih memudahkan pengguna teknik analisis stastik dan penggun jasa komputer.

(d)   Dengan model matematis lebih mudah dapat dilihat apakah asumsi-asumsi yang mendasari bebrabagi komponen dalam penelitian itu terpenuhi atau tidak

2.Peranan statistika dalam perumusan hipotesis

3.Peranan stastistika dalam pengembangan alat pengambil data

4.Peranan stastistika dalam penyusunan rancangan  penelitian

5.Peranan stastistika dalam penentuan sampel penelitian

6.Peranan stastistika dalam pengelolahan dan analisis data

KARAKTERISTIK KOMPUTER

1.kecepataan tinggi

2.ingatan luas

3.universalitas

4.fleksibilitas

5.patuh

PERANAN KOMPUTER DALAM PENELITIAN

 

Adapun peranan komputer dalam kegiatan penelitan adalah seperti di uraikan berikut ini.

1.Peranan komputer dalammencari sumber studi

2.peranan komputer dalam merekam sumber studi

3.peranan komputer dalam merekam hasil kajian

4.peranan komputer dalam penyusunan paradigma penelitian

5.peranan komputer dalam pengembangan alat pengambil data

6.peranan komputer dalam pengujian hipotesis

7.peranan komputer dalam penyusunan laporan

A.Peranan statistika

Stastika makin hari makin besar perannya dalam penelitian.

Peranan – peranan tersebut,yang terutama adalah dalam hal:

Penyusunan model toeritis,permusuhan hipotesis,pengembangan alat data,penyusunan rancangan penelitian,penentuan sampel dan pengelolahan data analisis data.

referensi : buku berjudul “METODOLOGI PENELITIAN (Drs.Sumadi Suryabrata, B.A., M.A, Ed.S, Ph.D.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s