METODOLOGI PENELITIAN

Tulisan 2

BAB 2

 

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUMPUL DATA

  1. A.    ORIENTASI

Dalam penelitian perilaku,perilaku individu diteorikan merupakan pengejawantahan atribut-atribut psikologi yang tidak mempunyai eksistensiriil,karena itu hanya dapat direkam atau diukur secara langsung. Atribut-atribut psikologis itu dapat dibedaan menjadi dua macam,yaitu: (1) atribut-atribut kognitif, dan (2) atribut-atribut non-kognitif. K edua macam atribut itu memerlukan instrumen pengambil data yang berbeda satu sama lain.Dua  karakteristik instrumen yang menentukan tinggi rendah nya mutu adalah (a) reliabilitas dan (b) validitas instrumen.karena reliabilitas dan validitas instrumen menentukan derajat kesesuaian data dengan keadaan lapangan,maka keduanya harus ditegakkan secara bersungguh-sungguh.

  1. B.      LANGKAH PENGEMBANGAN INSTRUMEN

1.pengembangan spesifikasi instrumen

Spesifikasi instrumen adalah rancangan pokok (grand design) instrumen.segala kegiatan dalam pengembangan instrumen dilakukan berdasar atas spesifikasi itu.

2.penulisan butir-butir pertanyaan dan pernyataan

Kemampuan untuk menulis pertanyaan atau pernyataan adalahperpaduan antara kiat dan hasil latihan.banyak buku-buku yang menyajikan cara-cara untuk menulis butir pertanyaan atau pernyataan.

3. telaab dan revisi butir-butir pertanyaan atau pernyataan

Butir-butir pertanyaan dan pernyataan itu harus ditelaah secara cermat apakah sudah sesuai dengan yang diracang,dan apabila perlu revisi.rujukan pokok dalam telaah ini adalah spesifikasi instrumen.

4.perakitan butir-butir pertanyaan atau pernyataan kedalam perangkat instrumen

Butir-butir pertanyaan atau pernyataanitu harus dirakit menjadi satu instrumen siap untuk duji-cobakan.hal penting yang harus selalu diingat adalah bahwa response terhadap sesuatu pertanyaan tidak boleh mempengaruhi response terhadap pertanyaan lain.

5.uji-coba instrumen

Uji-coba merupakan langkah yang sangat penting dalam proses pengembangan instrumen,karena dari uji-coba inilah diketahui informasi mengenai mutu instrumen yang dikembangkan itu.

6. analisis hasil uji-coba

Hasil uji coba itu lalu dianalisis.butir demi butir pertanyaan atau pernyataan itu diteliti kualitasnya.

7. penentuan perangkat akhir instrumen

Berdasarkan atas hasil analisis butir-butir pertanyaan atau pernyataanitu dipilih butir-butir yang baok sesuai spesifikasi.

8. pengujian realibilitas instrumen

Realibilitas instrumen merujuk kepada konsisten hasil perekaman data(pengukuran) jika instrumen itu digunakan oleh orang atau kelompok orang yang sama dalam waktu berlainan.

9. pengujian validitas instrumen

Validitas instrunmen didefinisikan “sejauh mana instrumen itu merekam/mengukur apa yang dimaksud untuk direkam/diukur”.

 

 

BERBAGAI METODE DAN MACAM PENELITIAN

  1. A.    ORIENTASI

Ilmu pengetahuan adalah usaha yang bersifat multidimensional yang sekaligus meliputi (a) sifat ilmiah, (b) metode ilmiah dan (c) kumpulan pengetahuan yanng tersusun secara sistematik dan runtut.Apa yang dipirkan ilmuan dengan cara tertentu (sifat ilmiah0 apa yang dihasilkannya dengan cara tertentu (metode ilmiah), yang merupakan susunan pengetahuan yang tertur dan runtut pada umumnya merupakan manifestasi dari pandangan filsafatnya mengenai “pengetahuan yang benar” yang bisa dikupas dalam filsafat ilmu pengetahuan dan epistemologi. Pandangan filsafat tersebut merupakan jawaban terhadap masalah-masalah pokok mengenai pengetahuan yang benar,sepeti misalnya:

  1.  Apakah pengetauhan yang benar itu,
  2. Dapatkah manusia mencapai pengetahuan yang benar itu,
  3. Jika pengetahuan yang benar itu dapat dicapai manusia,bagaimana caranya,dan sebagainya.

Dalam perkembangan ilmu, dilihat dari segi metodologi ada beberapa hal yang perlu dicacat,yaitu :

  1. Adanya kenyataan, bahwa ilmu yang lebih tua mempengaruhi ilmu yang lebih muda,baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
  2. Bahwa pola pemikiran operasionisme (yang mementingkan rumusan operasional) makin hari makin besar pengaruhnya.
  3. Bahwa cenderung kearah kuantifikasi makin hari makin kuat
  4. Bahwa berkaitan dengan kecenderungan ke arah kuantifikasai itu peranan statistika dalam penelitian juga makin besar.
  1. B.     BEBERAPA METODE DASAR DAN RANCANGAN PENELITIAN

Dalam melakukan penelitian, orang dapat  menggunakan bebagai metode dan rancangan penelitian,sesuai dengan tujuan penelitian,sifat masalh yang digarap,serta berbagai arternatif yang mungkin digunakan. Ada 9 macam penelitian yang dikemukakan disini, masing- masing dengan tujuan,contoh,ciri-ciri,serta langkah-langkah pokoknya. Kesembilan macam penelitian itu beserta tujuannya masing-masing adalah sebagai berikut :

  1. 1.      Penelitian Histori (historial research)
    1. Tujuan, membuat rekontruksi masa lampausecara sistematis dan objektif.
    2. Contoh, studi mengenai praktek “bawon”didaerah pedesaan jateng.
    3. Ciri-ciri

1.penelitian historis lebih tergantung kepada data yang diobsevasikan oranglain daripada yang diobservasikan oleh peneliti sendiri.

2.berlainan dengan anggapan yang populer.

3.tergantungkepada dua macam data,yaitu data primer dan data sekunder

4. untuk menentukan bobot data,bisa dialkukan 2macam kritik,yaitu kritik eksternal dan internal.

5.walaupun penelitian histori mirip dengan penelaahan kepustakaan yang mendahului lain-lain bentuk rancangan penelitian.

2.  Penelitian Deskriptif (descriptive research)

a. tujuan, untuk membuat pecandraan secara sistematis ,faktual, dan akurat    mengenai fakta-fakta dan sifat sifat populasi atau daerah tertentu.

b. contoh beberapa penelitian macam ini adalah:

1.survai mengenai pendapat umum untuk menilai sikap para pemilih terhadap rencana perubahan tahun pelajaran.

2.survai dalam suatu daerah mengenai kebutuhan akan pendidikan dan ketrampilan.

3.studi mengenai kebutuhan tenaga kerja akademik pada suatu kurun waktu tertentu.

4.penelitian mengenai taraf serap pelajar-pelajar SMU

3.Penelitian Perkembangan (developmental research)

a. tujuan : untuk menyelidiki pola dan pertumbuhan dan atau perubahan sebagai fungsi waktu.

b.contoh : studi-studi longitudinal, studi-studi cross-sectional, studi-studi kecenderungan.

 

4. penelitian kasus dan penelitian lapangan (case study and field research)

a.tujuan: untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan sesuai unit sosial : individu,kelompok,lembaga, atau masyarakat.

b.contoh:

1. studi-studi yang dilakukan piaget mengenai perkembangan kognitif pada anak-anak.

2.studi secara mendalam mengenai seorang anak yang mengalami ketidakmampuan belajar yang dilakukan oleh seorang ahli psikologi.

3.studi secara intensif mengenai kebudayaan “kota dalam” serta kondisi kondisi kehidupannya pada suatu kota metropolitan.

4.studi lapangan yang tuntas mengenai kebudayaan kelompok kelompok masyarakat terpaencil.

5. penelitian kolerasional (correlational research)

a. tujuan: untuk mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan  dengan variasi-variasi pada satu atau faktor lain berdasarkan pada koefisien kolerasi.

b.contoh-contoh

1.studi yang mempelajari saling hubungan antara skor pada test masuk perguruan tinggi.

2.studi secara analisis faktor mengenai beberapa test kepribadia.

3.studi untuk meramalkan keberhasilan belajar berdasarkan atas skor pada test bakat.

6.penelitian kausal-komparatif (causal-comparative research)

a. tujuan :untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang ada mencari kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu.

b.contoh-contoh

1.penelitian mengenai faktor-faktor yang menjadi ciri-ciri pribadi yang gampang dan tidak gampang mendapat kecelakaan dengan menggunakan data yang berwujud catatan-catatan yang ada pada perusahaan asuransi

2.mencari pola tingkah laku dan prestasi belajar yang berkaitan dengan perbedaan umur pada waktu masuk sekolah,dengan menggunakan data deskriptif mengenai tingkah laku dan skor test prestasi belajar yang terkumpul sampai ana-anak kelas V1 SD.

3.penelitian untuk menentukan ciri-ciri guru yang efektif denganmenggunakan data yang berupa catatan mengenai sejarah pekerjaan selengkap mungkin.

7. penelitian eksperimental-sungguhan(true-experimental research)

a. tujuan :untuk menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab-akibat dengan kondisi perlakuan dan memperbandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak dikenai kondisi perlakuan.

B.contoh-contoh

1.penelitian untuk menyelidiki pengaruh dua metode mengajar sejarah pada murid-murid ,dengan cara menempatkan guru secara random berdasarkan inteligensi,ukuran kelas,dan metode mengajar.

2.penelitian untuk menyelidiki efek-efek program pencegahan penyelahan obat terhadap sikap murid-murid SLTP.

3.Penelitian efek pemberian tambahan-makanan disekolah kepada murid-murid SD.

8.penelitian eksperimental-semu(quasi-experimental research)

a.tujuan : untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang dapat diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnaya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan atau memanipulasi semua variabel yang relevan.

b. contoh-contoh :

1.penelitian untuk menyelidiki efek dua macam cara menghafal (spaced vs.massed practice) dalam menghafal kata-kata asing pada empat buah SMU.

2. penelitian untuk menilai keefektifan tiga cara mengajar konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip ekonomi di SD apabila guru-guru tertentu dapat secara sukarela menjalankan pengajaran itu karena tertarik akan bahannya.

9.penelitian tindakan (action research)

a. tujuan :mengembangkan ketrampilan- ketrampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung didunia kerja atau dunia aktual yang lain.

b.contoh-contoh

suatu program inservise training untuk melatih para konselor bekerja dengan anak putus sekolah.untuk menyusun program penjajagan dalam pencegahan  kecelakaan pada pendidikan pengemudi,untuk memecahkan masalah apatisme dalam penggunaan teknologi modern atau metode menanam padi yang inovatif.

  referensi : buku berjudul “METODOLOGI PENELITIAN (Drs.Sumadi Suryabrata, B.A., M.A, Ed.S, Ph.D.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s