masalah-masalah menyangkut dunia maya

Permasalahan dan Solusi Internet dalam Dunia Pendidikan

Kendala bidang pendidikan ini dapat diatasi dengan adanya internet yang bisa diakses oleh peserta didik di perguruan tinggi. Berbagai macam informasi seperti perpustakaan online, jurnal online, majalah, dan bahkan buku-buku teks yang dapat di-download gratis dari berbagai situs yang ada dalam dunia internet. Mahasiswa bisa mencari apapun yang berkaitan dengan materi perkuliahan disampaikan dosen di kelas, untuk memperbandingkan, memperkaya pengetahuan, dan mencari sesuatu yang memerlukan kejelasan dan pemahaman mendalam.

Permasalahan selalu timbul dalam dunia pendidikan adalah kekurangan informasi dan referensi akibat terbatasnya jumlah sarana belajar. Ketersediaan buku – buku di perpustakaan terutama pada lembaga pendidikan swasta cukup memprihatinkan dan sangat jauh dari harapan jika yang menjadi tujuan adalah melahirkan sarjana-sarjana berkualitas dari universitas.

Namun pada praktiknya, sosialisasi internet bagi dunia pendidikan tidak semudah yang dibayangkan dan diharapkan banyak pihak, menurut Rahardjo (2001), terbatasnya pemanfaatan teknologi informasi ini dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya kurangnya penguasaan bahasa Inggris, kurangnya sumber informasi dalam bahasa Indonesia, mahalnya biaya akses internet, dan ketidaksiapan tenaga pendidik.

Faktor pertama, merupakan permasalahan utama dalam memanfaatkan segala teknologi hasil karya masyarakat Barat. Produk-produk teknologi yang sampai ke tangan masyarakat dunia umumnya menggunakan komunikasi berbahasa Inggris sehingga menyulitkan bagi para pengguna seperti mahasiswa Indonesia yang Jurnal Ilmiah umumnya masih memiliki kemampuan rendah dalam bahasa asing, sedangkan banyak informasi-informasi dan ilmu pengetahuan direkayasa dalam bahasa internasional tersebut.

Faktor kedua, keterbatasan informasi dan ilmu pengetahuan dalam bahasa Indonesia, menjadi salah satu penyebab rendahnya penggunaan internet dalam negeri. Kesadaran masyarakat Indonesia untuk berbagi ilmu pengetahuan masih sangat rendah dibanding di luar negeri. Informasi masih dianggap suatu hal pribadi dan berharga mahal yang tidak dapat diakses oleh seluruh orang, menjadikan pengetahuan hanya berkembang untuk diri pribadi dan komunitas tertentu sajFaktor ketiga, adalah kendala mahalnya biaya untuk menggunakan internet di dalam negeri. Untuk mengakses internet pribadi dengan menggunakan jaringan telepon milik pemerintah seseorang harus mengeluarkan biaya hampir sepuluh ribu rupiah per jam sehingga membatasi pemanfaatan internet tersebut. Solusi ini dapat dipecahkan dengan menggunakan internet pada warung-warung internet dengan biaya yang lebih murah antara dua ribu sampai tiga ribu rupiah per jam. Namun masih saja terlalu mahal untuk seorang mahasiswa apabila harus menggunakan dalam frekuensi tinggi (selalu mengakses).

Faktor terakhir, permasalahan dari tenaga pendidik itu sendiri yang masih belum siap menggunakan teknologi internet dalam proses pengajarannya akibat kurangnya kemampuan dosen dalam bidang ini. Seorang dosen tidak akan pernah menyarankan kepada mahasiswa memperkaya wawasan dengan fasilitas internet akibat kekurangmampuannya sendiri. Dampak akhir yang terjadi mahasiswa tidak akan termotivasi untuk mengembangkan diri jika dosen tidak pernah menyarankan pemanfaatan sumber ilmu non formal tersebut.

Masalah terpenting dari sekian faktor penghambat di atas terletak pada faktor ketiga dan keempat yakni mahalnya biaya akses dan keterbatasan dosen. Jika kendala bahasa tidak menjadi masalah, lambat laun mahasiswa akan terus belajar dengan sendirinya dengan tingginya frekuensi penggunaan internet, sehingga mereka akan lebih memahami penguasaan istilah-istilah asing dari internet tersebut. Sumber motivator utama dari dosen adalah faktor terpenting dalam mensosialisasikan kegiatan penunjang pembelajaran. Misalnya untuk melengkapi informasi tentang sebuah kajian masalah di dalam kelas, mahasiswa dianjurkan untuk membuka homepage milik dosen, atau mengakses situs-situs lain yang disarankan dosen.

Dari segi mahalnya biaya kendala ini dapat diatasi dengan berperan penting lembaga pendidikan/universitas untuk mengembangkan sistem pembelajaran internet dengan membangun sebuah jaringan internet di lembaga pendidikan, menyediakan sarana penyewaan dengan biaya yang lebih murah dibanding warung internet milik penguasaha bisnis.

Semua artikel tentang dunia pendidikan insyaallah ada di warnadunia.com

Indonesia Semakin Dikenal Dunia

maya

Indonesia adalah negara dengan berbagai keunikan serta keanekaragaman budaya, sumber daya alam dan sumber daya manusia. Tak heran jika Indonesia sangat dibutuhkan di Dunia. Tak banyak yang mengenal dan tahu Indonesia. Untuk itu kita harus membuat Indonesia terkenal di mata dunia dalam hal yang positif. Banyak masalah yang dihadapi Indonesia mulai dari sosial eknomi hingga masalah korupsi yang menjadi masalah utama.

Masalah sosial ekonomi yang pastinya sudah jelas terlihat. Masyarakat miskin dimana-mana. Belum adanya kesetaraan hak juga termasuk masalah sosial yang harus di atasi. Tidak lupa juga hukum di Indonesia sangatlah harus di tegakkan. Kita semua tahu bahwa hukum di Indonesia seringkali pilh kasih atau memihak hanya kepada orang yang berduit. Salah besar jika hukum yang seperti itu. Hukm hanya memihak kepada kebenaran,

Korupsi, adalah masalah utama yaang sedang dihadapi oleh Indonesia. Mulai dari gayus tambunan sampai dengan M. nzaruddin. Korupsi haruslah di basmi hingga ke akarnya agar tidak menjamur dan timbul kembali. Namun sepertinya itu tidak mungkin karena yang korupsi adalah yang membuat aturan. Semoga di hari kemerdekaan ini Indonesia menjadi negara yang dapat mensejahterakan rakyatnya lahir dan batin.

Tidak hanya masalah korupsi, masalah alam pun ikut ambil bagian dalam penanganan masalah yang di hadapi oleh Indonesia. Banyak bencana alam yang sering terjadi di negara ini. Dari bencana banjir hingga gunung meletus yang menewaskan banyak orang dan memporak-porandakan wilayah yang terkena bencana sehingga pemerintah Indonesia harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam menambah pengeluaran tersebut haruslah tidak di korupsi dan juga tidak disalahgunakan, haruslah digunakan sesuai perintah dan tepat sasaran.

Itu samua adalah segelintir masalah yang dihadapi Indonesia yang menjadikan Indonesia terenal cukup duruk di mata dunia. Itu juga akan berakibat pada penjajahan secara halus dari negara lain terhadap Indonesia dalam masalah yang dihadapinya. Disamping itu juga tidak hanya hal negatif saja yang dimiliki oleh Indonesia , melainkan ada juga hal positif yang dimiliki Indonesia yang patut dibanggakan.

Keanekragaman budaya menjadikan Indonesia terkenal di manca negara. Mulai dari sabang sampai merauke budaya yang dimiliki Indonesia terbentang. Dari budaya tari-tarian hingga budaya nyanyian dan adat yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Keanekaragaman hayati juga kita bisa jumpai dari sabang sampai merauke. Indonesia menempati peringkat ketiga dunia dalam banyaknya keanearagaman hayati setelah peringkat pertama di duduki oleh Brazil. Dengan keanekaragaman hayati yang begitu banyaknya dimiliki Indonesia, akan membuat Indonesia menjadi terkenal di mata dunia.

Tidak hanya di dunia nyata, dunia maya pun juga mengenal Indonesia karena para blogger Indonesia yang panhtang menyerah dalam mempromosikan Indonesia di internet. Tidak lupa juga para pengguna internet.

Hari ini adalah hari kemerdekaan Indonesia yang ke-66 . Google sebagai raksasa internet pun tahu bahwa indonesia sedang merayakan hari kemerdekaanya. hal ini ditunjukan dengan halaman awal/homepage google.com bersemarakkan suasana panjat pinang dengan bendera merah putih di atasnya. Itu membuktikan bahwa raksasa internet mengenal Indonesia.

Google Hari Kemerdekaan Indonesia Semangat Nasionalisme Sumber Daya Alam Hayati Manusia Info Triks dan Tips Indonesia Bali Pulau Dewata Dunia Maya

Semoga dengan segala bahasan dalam artikel diatasa akan membuat kita sebagai rakyat Indonesia semakin cinta pada Indonesia dan mendedikasikan diri ita kepada negara Indonesia

Read more: Indonesia Semakin Dikenal Dunia Maya | Ilmu Pengetahuan http://www.blogsas.com/indonesia-semakin-dikenal-dunia-maya/#ixzz1u0He8mSK

TANGGAPAN

Di dunia maya dapat  melakukan dengan menyediakan konten/tulisan yang bermutu, atau bagi yang lebih ahli dapat melakukannya dengan membangun situs penyedia layanan  internet gratisan semacam tips trik blog ,tips trik bisnis online, tips trik dan informasi teknologi, bisa juga menjadi penyedia hosting gratis, atau tool-tool gratis yang dapat digunakan oleh blogger atau pengguna internet lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s